Masih Ada Sisa Makanan Lebaran? Ini 4 Cara Memanfaatkannya

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 09 Jul 2016, 14:46:51 WIB | dibaca : 1505 pembaca

Masih Ada Sisa Makanan Lebaran? Ini 4 Cara Memanfaatkannya

Ilustrasi.

Limpahan makanan saat lebaran biasanya tak habis sampai beberapa hari. Agar tak sia-sia, manfaatkan saja sisa makanan itu.

Makanan sisa lebaran bisa Anda simpan dalam lemari es kemudian dimanfaatkan sebagai lauk beberapa hari. Tak hanya menghemat waktu masak, Anda juga terbantu dengan sisa makanan ini saat tak ada yang membantu di rumah.

Pastikan sisa makanan masih segar dan dapat dikonsumsi. Jangan buang makanan yang masih layak makan. Berikut 4 cara memanfaatkan sisa bahan dan hidangan lebaran seperti dilansir dari News24 (30/06).

1. Membekukan makanan

Mungkin saat membuat es buah Anda masih punya sisa buah segar. Begitu pula dengan sisa bawang, cabai dan herba yang belum sepenuhnya terpakai. Potong-potong saja sisa buah segar, tomat, cabai, bawang bombay, herba hingga bawang putih. Masukkan ke dalam wadah, kemudian simpan di freezer. Nantinya, lelehkan kembali potongan ini untuk dipakai pada sup, makanan berkuah, smoothies atau minuman lainnya.

Hal serupa juga berlaku pada makanan yang tidak habis. Mulai dari nasi, lauk berkuah, dan lainnya. Perhatikan cara membekukan makanan di sini.

2. Memanggang sayuran

Beberapa sisa sayuran yang padat bisa dipanggang dalam oven atau pemanggang sebelum memasukannya ke freezer. Misalnya terung, paprika atau zucchini. Anda juga dapat menambahkan sayuran panggang ke sajian seperti nasi atau mie. Ini akan menambah aroma sedap makanan.

3. Buat sup

Sup biasanya terdiri dari campuran potongan sayur, kaldu dan daging. Tapi Anda bisa memvariasikan sup dengan tambahan bahan yang tersisa. Termasuk menambahkan nasi, kentang atau pasta. Menambah air dalam sup akan memperbanyak jumlahnya sehingga sisa sup dapat disimpan lebih lama.

4. Berbagi sisa makanan

Jika kulkas Anda sudah kehabisan tempat untuk menyimpan sisa makanan, bagikan saja makanan ke tetangga, kerabat atau sahabat. Cari orang yang bisa memanfaatkan sisa makanan untuk memberi makan keluarganya.

Jika ada sisa kue lebaran, jangan segan untuk membawanya ke tempat kerja. Sebab tentu rekan kerja akan senang ada camilan di kantor.

 

Sumber: detik

View all comments

Write a comment

(Input Kode Di Samping Dengan Benar)