Diskanlaut Prov Jabar - Dinas Perikanan Dan Kelautan Provinsi Jawa Barat

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Selayang Pandang

Dinas Perikanan dan Kelautan sebagai salah satu institusi yang berada di bawah naungan Pemerintah Tingkat I Provinsi Jawa Barat Memiliki tupoksi Utama melayani dan mengayomi, dan senantiasa  Mencoba melakukan pembenahan dari waktu-kewaktu. Sebagai bentuk apresiasi terhadap pentingnya kepuasan masyarakat terhadap kinerja institusi. guna meminimalisir exslusifitas serta jarak dalam dinamika komunikasi maka dilakukan berbagai langkah guna menjembatani hubungan baik secara internal kedalam maupun eksternal. walaupun hal ini dirasakan masih belum optimal namun proses pergerakan menuju perubahan terus berjalan.

Secara garis besar pembangunan di jawa barat mengalami peningkatan hal ini dapat dicapai melalui kerja keras seluruh elemen, baik instrumen pemerintahan dan masyarakat. yang terus berperan aktif melalui program –program peningkatan kesejahtraan, hal ini terbukti dengan meningkatnya daya beli masyarakat terhadap produk perikanan, perluasan lapangan kerja terutama di sektor perikanan serta perbaikan infrastruktur dan kebijakan yang selaras antara pemerintah pusat dan daerah, melalui pemberian dana bantuan serta program pelatihan kerja dan kebijakan lainnya.

Walaupun demikian tidak dipungkiri masih banyak kendala yang dihadapi guna meningkatkan kesejahtraan diantaranya masih rendahnya sumberdaya manusia terutama di sektor perikanan, kurangnya akses permodalan khususnya bagi para pembudidya ikan terhadap sumber-sumber finansial, bahkan dibeberapa wilayah terjadi degradasi potensi alam yang diakibatkan karena kerusakan lingkungan, hal ini dapat dijadikan sebagai cambuk bagi pengembangan usaha sektor perikanan kedepan.

Bagaimanapun juga pembangunan sebaiknya dilakukan secara terus menerus guna meningkatkan mutu dan kualitas sumberdaya, baik sumberdaya manusia maupun sumberdaya alam melalui pemanfaatan secara efisien, dan produktif dengan tetap menjaga kelestariannya.

Sumberdaya yang  dianggap potensial dan belum dimanfaatkan secara optimal terus dikembangkan, serta sektor-sektoryang dianggap mampu mendokrak produktifitas harus melakukan pembenahan terutama dalam menghadapi persaingan ekonomi asean dan globalisasi modern. Sektor perikanan telah terbukti resisten terhadap perubahan, ekonomi kerakyatan yang tangguh diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan ditengah resesi dan krisis multi dimensi dimasa yang lalu.

Secara geografis Jawa Barat memiliki letak strategis dan melalui perhitungan matematis memiliki potensi dan nilai historis penting dalam pergerakan arah pembangunan nasional.dari data statistik Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) jumlah tangkapan ikan Provinsi Jawa Barat menempati posisi pertama sebanyak 8.316.607.377 diikuti Provinsi Sumatra Utara dan Sulawesi Tenggara sengan nilai masing-masing 8.081.467.389 dan 7.218.729.880 (sumber : http://statistik.kkp.go.id/index.php/statistik), pada tahun 2011

Secara regional Perkembangan jumlah rumah tangga perikanan tangkap dan budidaya dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2012 mengalami peningkatan. Pada tahun 2011 jumlah RTP Budidaya sebesar 392.322 sdangkan pada tahun 2012 meningkat sebesar 393.652 sedangkan perikanan tangkap  46,183 meningkat menjadi 47,142 walaupun peningkatan sangat kecil namun cukup signifikan (sumber : buku saku dinas perikanan dan kelautan 2011)

Sejarah

Dinas Perikanan Dalam Goresan Zaman

Budidaya Perikanan di jawa barat pada dasarnya sudah sangat akrab dengan masyarakat, selain sebagai sumber bahan pangan perikanan juga dilakukan guna menopang pendapatan masyarakat, walaupun pada walnya hanya sebagai mata pencaharian sampingan, seiring dengan berkembangnya informasi dan tekhnologi usaha di sektor perikanan mulai dijadikan sebagai mata pencarian utama masyarakat atau yang lebih dikenal dengan  nama minabisnis, secara garis besar usaha yang dilakukan sudah mengacu pada kaidah-kaidah hukum ekonomi  yaitu mencari keuntungan. Hal ini dilakukan sudah sejak lama bahkan dalam sejumlah literatur dikatakan bahwa kegiatan usaha perikanan telah ada sejak jaman penjajahan Belanda  dan Jepang walupun pengelolaan yang dilakukan masih sangat terbatas.

Setelah indonesia terlepas dari masa penjajahan maka kegiatan usaha perikanan menjadi sangat sentral bukan hanya memberikan kontribusi besar bagi daerah melalui penyerapan tenaga kerja juga pemenuhan gizi masyarakat. Bahkan dalam literatur disebutkan bahwa perikanan di jawa barat memebrikan kontribusi sebesar 10% dari produksi ikan nasional.

Jawa barat pada dasarnya merupakan daerah dengan potensi alam yang sangat baik tersebar dari utara hingga selatan selain itu jawa barat memiliki lokasi strategis yang dekat dengan ibukota hal ini memberikan kemudahan dalam hal akses tekhnologi dan pengembangan sumberdaya melalui informasi dan pendidikan. Jawa barat mudah sekali melakukan adopsi teknologi hal ini tercermin melalui pengembangan sektor perikanan di jawa barat dari waktu-kewaktu bahkan mampu memberikan kontribusi positif bagi daerah di sekitarnya.

Selengkapnya...

VISI DAN MISI

DINAS PERIKANAN DAN KELAUTAN PROVINSI JAWA BARAT

VISI Dinas Perikanan dan Kelautan Jawa Barat  2013-2018 adalah :

“ Masyarakat Perikanan dan Kelautan Jawa Barat yang Maju dan Sejahtera ”

Pernyataan visi tersebut, memiliki beberapa kata kunci yang menjadi unsur pendorong untuk meningkatkan kinerja organisasi serta menjadi pengikat bagi seluruh pemangku kepentingan dalam pengembangan dan pembangunan perikanan dan kelautan.

MAJU berarti :

Sikap dan kondisi masyarakat perikanan dan kelautan yang produktif, berdaya saing, dan mandiri, terampil dan inovatif dengan tetap dapat menjaga tata nansosial masyarakat yang toleran, rasional, bijak, dan adaftif terhadap dinamika perubahan, namun tetap berpegang pada nilai budaya serta kearifan lokal, dan berdaulat secara pangan, ketahanan ekonomi dan sosial.

SEJAHTERA berarti :

Sikap dan kondisi masyarakat perikanan dan kelautan Jawa Barat yang secara lahir dan bathin mendapatkan rasa aman dan makmur dalam menjalani kehidupannya.

MISI Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Barat 2013-2018 adalah sebagai berikut :

  • Meningkatkan produktivitas dan daya saing sumber daya perikanan dan kelautan
  • Meningkatkan usaha dan nilai tambah produk perikanan dan kelautan
  • Meningkatkan pengawasan, pengendalian dan pelestarian sumber daya perikanan dan kelautan

 

Sumber: diskanlaut.jabarprov.go.id


Layanan Publik - Instansi