Produksi Naik, S&P Naikkan Rating Utang Antam

By PUBinfo Redaksi 11 Jul 2019, 11:17:41 WIB | dibaca : 97 pembaca

Produksi Naik, S&P Naikkan Rating Utang Antam

Foto: Ilustrasi

Jakarta - Peringkat global PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau Antam dinaikkan menjadi B dengan prospek (outlook) positif dari sebelumnya B- dengan outlook positif.

Dalam rilis emiten Rabu kemarin (10/7/19), lembaga pemeringkat global Standard & Poor"s (S&P) menaikkan peringkat perusahaan seiring dengan pertumbuhan kinerja produksi dan penjualan komoditas.

"Seiring dengan pertumbuhan kinerja produksi dan penjualan komoditas yang tercermin dari pertumbuhan kinerja keuangan perusahaan yang solid sepanjang periode 12 bulan ke depan," ujar Dirut Antam Arie Prabowo Ariotedjo dalam rilisnya.

Dia mengatakan prospek positif perusahaan mencerminkan dukungan pertumbuhan bisnis perusahaan melalui implementasi proyek hilirisasi serta perkembangan kinerja operasional yang positif dari pabrik chemical grade alumina di Tayan, Kalbar. Pabrik itu dikelola oleh anak usaha Antam yaitu PT Indonesia Chemical Alumina.

Arie mengatakan capaian kinerja keuangan yang tetap solid didukung pertumbuhan kinerja produksi dan penjualan komoditas utama yang berujung pada stabilnya level biaya tunai operasinal.

Kinerja penjualan kuartal I-2019 perseroan mencapai Rp 6,22 triliun, naik 9% dibanding kuartal I-2018, sedangkan laba bersih pada periode yang sama mencapai Rp 171,67 miliar yang masih turun 29% dari Rp 243,29 pada periode yang sama.

Emiten mineral pemerintah tersebut sedang menyelesaikan konstruksi Proyek Pembangunan Pabrik Feronikel Haltim (P3FH) yang telah mencapai 97%, dengan target fase commissioning pada kuartal IV-2019.

Refinitiv mencatat nilai utang Antam senilai Rp 4,5 triliun, terdiri dari utang obligasi Rp 2,1 triliun dan kredit Rp 2,4 triliun. Obligasi I-2011 yang berperingkat idA- dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) itu diterbitkan senilai Rp 3 triliun dalam dua tranche dan sudah jatuh tempo senilai Rp 900 miliar pada 2018.
 
 
View all comments

Write a comment

(Input Kode Di Samping Dengan Benar)