PLN Kembangkan SUV dan MPV Bertenaga Listrik

By PUBinfo Redaksi 11 Jul 2019, 10:42:05 WIB | dibaca : 18 pembaca

PLN Kembangkan SUV dan MPV Bertenaga Listrik

Mobil listrik MPV dan SUV yang tengah dikembangkan PLN melalui anak perusahaan Energi Baru Terbarukan (EBT) yakni PT Pembangkit Jawa Bali (PJB). (Foto: Dok. PLN)

Jakarta - PLN melalui anak perusahaan Energi Baru Terbarukan (EBT) yakni PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) tengah mengembangkan mobil bertenaga listrik, yaitu multi purpose vehicle (MPV), dan sport utility vehicle (SUV).

Manajer Pengembangan Energi Baru Terbarukan PJB Dimas Kaharudin mengatakan proyek ambisius ini menjurus kepada model-model kendaraan roda empat yang laku di Tanah Air.

"Iya jadi SUV dan MPV listrik," kata Dimas kepada CNNIndonesia.com melalui sambungan telepon, Rabu (10/7).

Menurut Dimas PLN menugaskan PJB untuk membuat kendaraan ramah lingkungan dalam rangka riset mobil listrik. Proyek yang dimaksud baru sampai tahap sketsa, sehingga untuk mengumumkan spesifikasinya dianggap masih terlalu dini.

Mobil yang dikembangkan PLN adalah SUV bernama S series 5-penumpang, sementara MPV E series 7-penumpang. Kedua mobil itu sama-sama memiliki desain futuristik dengan bentuk lampu meruncing.

"Prototipe belum jadi, masih ngerapihin desain dan spesifikasi," ucap dia.

Menurut Dimas sketsa SUV dan MPV tersebut telah dikerjakan selama dua tahun terakhir. Pihak PJB sempat berkonsultasi dengan sejumlah universitas dan pelaku industri. Ia berharap di tahun kelima purwarupa dua mobil listrik tersebut sudah selesai.

"Kami sudah pernah diskusi, tapi belum terlalu dalam diskusinya," ujar Dimas.

"Jadi nantinya bukan PJB, PJB ini untuk sementara saja. Nanti kami akan buat lagi anak perusahaan baru yang memang dikhususkan mengembangkan seperti ini," ucapnya kemudian.

Masing-masing mobil listrik akan dilengkapi dua motor listrik yang masing-masing punya tenaga setara 268 tenaga kuda dan torsi 750 Nm. Pengisian daya baterai dirancang sesuai dengan sistem fast charging 800 volt.

Menariknya rangka mobil mengandalkan bahan carbon fiber guna menekan bobotnya.

 

Sumber : cnnindonesia.com

View all comments

Write a comment

(Input Kode Di Samping Dengan Benar)