Qualcomm dan Lenovo Kenalkan Laptop 5G Pertama di Dunia

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 29 Mei 2019, 09:08:41 WIB | dibaca : 48 pembacaTeknologi

Qualcomm dan Lenovo Kenalkan Laptop 5G Pertama di Dunia

Ilustrasi. (Dok. Qualcomm)

Jakarta - Qualcomm Technologies dan Lenovo memperkenalkan laptop 5G pertama di dunia. Perangkat ini akan dipamerkan dalam ajang Computex Taipei 2019 yang berlangsung hari ini hingga 1 Juni.

Proyek laptop ini bernama Project Limitless. Laptop besutan Lenovo ditenagai dengan platform komputasi Qualcomm Snapdragon 8CX 5G pertama di dunia yang dibuat khusus untuk perangkat komputer.

Dilansir dari laman resmi Qualcomm, Snapdragon 8CX menawarkan pengalaman pengguna yang mendalam seperti kecepatan data multi-gigabit, masa pakai baterai yang awet hingga berhari-hari, dan kemampuan sistem keamanan yang tinggi.

Selain prosesor Snapdragon 8CX, laptop ini juga ditenagai dengan fitur modem Snapdragon X55 5G dan RF Front-end Qualcomm sebuah solusi komperehensif yang memungkinkan OEM membawa konektivitas 5G. Pengguna bakal dimanjakan dengan kecepatan unduhan hingga 7Gbps tanpa koneksi Wi-Fi atau hotspot.

Konektivitas 5G akan berkerja bersamaan dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang ada di dalam perangkat. Misal, ketika pengguna melakukan panggilan video dengan pengguna lain yang berasal dari negara lain dan terkendala bahasa, teknologi AI itu akan langsung menerjemahkan secara langsung bahasa yang digunakan.

Selain itu, bandwidth yang disematkan di laptop 5G Lenovo memudahkan pengunduhan dan pengunggahan file besar melalui koneksi nirkabel. Pasalnya konektivitas 5G yang mengatur efisiensi daya membuat semua kemudahan tersebut.

Tak hanya mengandalkan konektivitas 5G, perangkat laptop Lenovo Project Limitless juga didukung dengan konektivitas 4G yang dapat mencapai kecepatan unduhan hingga 2,5 Gbps.

Namun, Qualcomm dan Lenovo mempunyai sejumlah kendala untuk mewujudkan perangkat ini. Dilansir Slashgear, sistem operasi Windows 10 pada laptop Lenovo memunculkan sejumlah kekecewaan. Oleh sebab itu, kedua perusahaan raksasa teknologi tersebut masih memiliki waktu hingga tahun depan untuk menyelesaikan masalah itu karena cakupan koneksi 5G bakal diperluas hingga 2020.

 

Sumber : cnnindonesia.com

View all comments

Write a comment

(Input Kode Di Samping Dengan Benar)