Perlu Kamu Tahu, 9 Hal yang Bisa Dilakukan dengan Microwave

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 14 Mei 2019, 09:34:39 WIB | dibaca : 68 pembacaKuliner

Perlu Kamu Tahu, 9 Hal yang Bisa Dilakukan dengan Microwave

Foto: GettyImages

Jakarta - Microwave jadi alat dapur andalan banyak orang. Tak sekadar memanaskan makanan, Anda bisa melakukan 9 hal ini dengan microwave.

Beberapa waktu ini, banyak juru masak profesional yang memuji microwave karena dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Pakar kuliner Kathy Fang mengatakan "Microwave bisa melakukan multitasking, terutama jika kamu sudah memiliki beberapa bahan yang dimasak dengan kompor atau sesederhana jika sibuk dengan berbagai tugas sehingga tidak perlu khawatir masakan menjadi gosong. Microwave juga metode yang lebih cepat dalam memasak, ideal untuk pemula karena memangkas waktu memasak dan persiapan."

Berikut beberapa kegunaan microwave yang menjadi favorit para chef dan pakar kuliner. Trik yang dirangkum Self (13/5) ini bisa Anda praktekkan di rumah.

Perlu Kamu Tahu, 9 Hal yang Bisa Dilakukan dengan Microwave


1. Rempah kering
Karena fungsi microwave yang terpusat pada bahan dan memanaskan air, Abbey Sharp, R.D, yang merupakan seorang penulis Mindful Glow Cookbook, mengatakan bahwa microwave juga bagus untuk membuat rempah kering. Meski begitu, disarankan untuk menggunakan rempah seperti rosemary dan thyme, karena rempah yang halus seperti daun mint dan basil tidak tahan terhadap kekuatan panas microwave. Untuk melakukannya, jajarkan rempah daun diantara dua helai tisu dapur dan panaskan pada temperatur tinggi selama 2-3 menit.

2. Mengupas bawang
Jika Anda tidak menyukai aroma dan rasa lengket yang ditinggalkan saat mengupas bawang putih, maka gunakanlah microwave. Masukan satu bonggol bawang putih kedalam microwave dan panaskan selama 15-20 detik dengan temperatur tinggi. Setelahnya, kulit bawang akan lebih mudah dikupas tanpa bantuan pisau.

3. Mengukus ikan
Buatlah ikan kukus yang sehat dengan menggunakan microwave. Caranya, masukan ikan dalam mangkuk dangkal, lumuri dengan butter atau minyak zaitun, garam, lada, dan rempah lain sesuai resep. Kemudian tambahkan air ke dalam mangkuk dan bungkus menggunakan plastic wrap lalu tusuk-tusuk kecil plastik agar mendapatkan sirkulasi udara. Panaskan dalam temperatur tinggi selama 6-7 menit.

Perlu Kamu Tahu, 9 Hal yang Bisa Dilakukan dengan Microwave


4. Mematangkan pisang
Untuk dapat segera mengonsumsi pisang yang masih mentah, matangkanlah menggunakan microwave. Tusuk kulit pisang dengan garpu ke seluruh kulit pisang untuk mencegah letupan. Kemudian, panaskan dalam microwave selama 1-2 menit.

5. Melelehkan butter atau cokelat
Cara yang lebih mudah dan cepat untuk melelehkan butter atau cokelat adalah dengan menggunakan microwave. Cukup masukan cokelat atau butter yang telah di potong-potong dalam mangkuk dan panaskan selama 30 detik sambil diaduk sesekali.

6. Memasak telur
Telur merupakan salah satau bahan yang sangat populer untuk diolah menggunakan microwave. Dari berbagai resep yang ada, Anda dapat mencoba resep Chawanmushi khas Jepang seperti rekomendasi dari Fang. Bahan yang dibutuhkan dalah 2 butir telur, garam, lada, kucai, air, minyak wijen, dan tamari atau kecap asin. Pengolahannya pun sangat mudah, cukup kocok telur, air, dan bumbu kemudian panaskan dalam microwave menggunakan mangkuk selama 3 menit kemudian taburi dengan kucai dan sedikit kecap asin.

Perlu Kamu Tahu, 9 Hal yang Bisa Dilakukan dengan Microwave


7. Mengeluarkan air lemon
Ketika memeras lemon, tentu menyebalkan jika air tidak keluar dengan sempurna. Agar air lemon keluar dengan maksimal, panaskan lemon dalam microwave selama 15 detik sebelum diperas.

8. "Memanggang" kentang
Memanggang memang lebih ideal dilakukan dengan oven. Namun ternyata microwave di rumah Anda juga dapat digunakan untuk memberikan fungsi memanggang kentang. Caranya, masukkan kentang ke dalam mangkuk dan berikan sedikit air, kemudian panaskan selama 5 menit untuk setiap sisi. Untuk metode ini, Anda tidak perlu melumuri kentang dengan minyak zaitun yang tentunya lebih praktis.

Perlu Kamu Tahu, 9 Hal yang Bisa Dilakukan dengan Microwave


9. Membuat kue
Berbagai resep kue yang dapat dimasak mengunakan microwave memang populer karena sangat mudah. Kue dalam gelas atau mug cake dapat anda buat dengan mencampurkan telur, tepung, cokelat atau tambahan isian lain, kemudain memasukannya dalam microwave hingga mengembang.

 

Sumber : detik.com

View all comments

Write a comment

(Input Kode Di Samping Dengan Benar)