Ibu Hamil Penting Jaga Asupan Makanan, Ini Alasannya

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 31 Mei 2019, 10:33:13 WIB | dibaca : 115 pembacaKesehatan

Ibu Hamil Penting Jaga Asupan Makanan, Ini Alasannya

Foto: Ilustrasi

Jakarta Asupan makanan yang sehat dan tepat penting bagi ibu hamil. Tak hanya memengaruhi kesehatan diri ibu, makanan yang tepat juga akan berdampak pada bayi yang dikandung. Simak sharing Mommy Febby Fatimah dari Babyologist berikut ini.

Saya baru tersadar pentingnya memakan makanan sehat juga vitamin dan meminum susu khusus untuk ibu hamil ketika sudah melahirkan anak kedua. Karena merasa pernah melahirkan anak pertama tanpa kendala, jadi ketika hamil anak kedua makanan bebas mengonsumsi susu hamil tapi vitamin jarang diminum. Sering minum coffee dan teh karena bawaan si bayi ngidamnya tiap hari ice coffee and tea.

Sebelumnya rajin cek darah, dan memang hb rendah tapi fikiran nanti pas lahir ga kenapa-kenapa. Sudah diperingati oleh dokter Fizi untuk tidak boleh meminum yang mengandung kafein karena dapat menghambat zat besi yang dibutuhkan tubuh dan jabang bayi.

Ternyata setelah lahir saya mengalami pendarahan hebat dan itu terjadi karena hb yang rendah tidak memenuhi standar minimum untuk melahirkan. Normalnya ibu hamil harus memiliki jumlah hb 12 atau 11,5 dan saya hanya 10,5. Dampaknya sangat hebat sekali, anak terlahir sehat tapi saya harus dirawat untuk transfusi darah selama satu minggu karena hb hanya 5 setelah melahirkan. Terpaksalah baby diurus kakak ipar untungnya kakak ipar masih menyusui, jadi baby ku masih bisa dapat ASI, sedih tapi ini benar-benar jadi pelajaran untuk hidup aku.

Setelah kejadian hebat sehabis melahirkan anak kedua, saya rajin mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan bisa meningkatkan hemoglobin, seperti ati ayam, daging merah, kurma, kacang-kacangan, ikan, sayuran hijau, buah bit, buah naga dan harus rajin mengonsumsi obat penambah darah setiap hari.

Ketika anak kedua saya berumur 10 bulan, saya diberi kepercayaan lagi untuk hamil anak ketiga. Nah di sini kesempatan saya untuk memperbaiki kebiasaan buruk saya ketika hamil anak kedua. Dari awal kehamilan saya rajin makan kurma, ati ayam, buah naga, buah bit, minum susu hamil dan vitamin. Alhamdulillah dari hamil sampai melahirkan tidak ada masalah ibu sehat dan bayinya juga sehat.

Untuk ibu hamil, sekedar sharing aja pengalaman aku betapa pentingnya makan makanan dan minum minuman yang sehat ketika hamil. Jangan lupa rajin minum susu dan vitaminnya ya Moms semua.

 

Sumber : liputan6.com

View all comments

Write a comment

(Input Kode Di Samping Dengan Benar)