Hemat Waktu Saat Mudik dengan Aplikasi Peta

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 05 Jul 2016, 13:09:05 WIB | dibaca : 1156 pembacaRamadhan

Hemat Waktu Saat Mudik dengan Aplikasi Peta

Ilustrasi

Jakarta Kehadiran berbagai produk teknologi dapat dimanfaatkan untuk memudahkan aktivitas setiap hari saat bepergian, termasuk di bulan Ramadan dan saat Mudik. Salah satunya adalah aplikasi peta.

Aplikasi peta yang cukup populer di Indonesia adalah Google Maps. Para pengguna bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk menghemat waktu, seperti mengetahui jarak tempuh ke tempat tujuan ketika ingin berbuka puasa di luar rumah atau pulang kampung.

Jika bingung cara mengoptimalkan Google Maps, ada beberapa hal yang bisa dimanfaatkan dari layanan tersebut yaitu untuk waktu tempuh, fitur Street View, dan fitur offline, sehingga bisa lebih menghemat waktu.

1. Waktu tempuh
Google Maps belum lama ini meluncurkan fitur baru, yang memungkinkan Anda memasukkan beberapa tempat sekaligus dalam satu kali navigasi. Misalnya, ketika tengah menyetir ke titik A, lalu kehabisan bensin saat perjalanan, maka Anda bisa mengklik ikon kaca pembesar. Setelah itu pilihlah opsi pom bensin.

Google Maps pun secara otomatis akan melakukan "detour" dan memberitahu waktu tempuh yang diperlukan untuk menuju titik A.

Fitur itu juga berfungsi ketika Anda akan melakukan 2 pertemuan di satu hari. Ketika memasukkan tujuan dari rumah menuju lokasi A dan B, Anda akan diberi tahu berapa lama waktu yang diperlukan.

2. Menggunakan Street View
Salah satu keunggulan fitur ini yaitu bisa digunakan untuk mengecek kondisi sekitar. Anda bisa melihat kondisi sekitar lokasi secara virtual dengan fitur tersebut.

Caranya cukup mudah. Misalnya ketika Anda mengetik nama hotel di Google Maps, drag ikon robot kuning di pojok kanan bawah ke lokasi yang diinginkan. Voila! Anda bisa langsung melihat lingkungan sekitar lokasi tersebut.

3. Fitur offline
Salah satu hal yang tidak diinginkan saat mengakses aplikasi online adalah koneksi yang tidak stabil. Nah, Anda bisa menyimpan area yang akan dikunjungi di ponsel beberapa hari sebelumnya dengan fitur offline yang ada di Google Maps.

Anda tetap bisa mendapatkan navigasi ke tempat tujuan tanpa koneksi internet atau WiFi. Pertama, pilih "Unduh area offline" di menu utama Google Maps. Masuk ke pilihan "Area Offline" dan tekan tanda "+" berwarna biru di pojok kanan bawah dan Maps offline pun siap digunakan.

 

Sumber : liputan6.com

View all comments

Write a comment

(Input Kode Di Samping Dengan Benar)