Deretan Kuliner Jalur Selatan di Jawa Tengah yang Menggoda

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 29 Mei 2019, 09:18:37 WIB | dibaca : 47 pembacaKuliner

Deretan Kuliner Jalur Selatan di Jawa Tengah yang Menggoda

Foto: Ilustrasi

Jakarta - Tak kalah dengan Pantura, jalur selatan di Jawa Tengah juga punya ragam sajian kuliner menggoda selera yang siap menyambut para pemudik. Dengan tawaran sensasi rasa berbeda, Anda tinggal pilih mau berhenti di mana.

Mulai dari Banyumas dan berakhir di Megelang, ragam sajian ini punya ragam cita rasa seperti gurih, sedikit pedas, dan, tentunya, manis. Langsung saja simak deretan rekomendasi dari Peta Kuliner Jalur Mudik Pulau Jawa yang dirilis Kementerian Perhubungan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Kepolisian.

Banyumas

Banyumas jadi wilayah pertama yang disambangi ketika melalui jalur selatan di Jawa Tengah. Sebagai permulaan, Anda bisa mencicip lezat kuliner Bakmi Nyemek Bu Trimo. Menu yang disajikan antara lain mi nyemek, mi rebus atau goreng, nasi goreng, juga bihun rebus atau goreng.

Ada juga ayam goreng sambal lalap bakmi nyemek yang berisi mi dicampur ayam suwir, telur, dan ati ampela. Menu yang disajikan di sini dibanderol sekitar Rp 25-30 ribu saja.

Sate Bebek Wek-Wek dengan sajian berupa daging bebek empuk dilengkapi sambal kecap plus mentimun dan mendoan juga bisa jadi opsi lain ketika melalui salah satu wilayah di jalur selatan ini. Beberapa pilihan menu lain adalah gulai bebek dan satai bebek.

Purwokerto

Sampai di Purwokerto, Anda bisa langsung bertolak ke Oemah Tahu Sumedang Mang Eman. Nasi liwet dengan lauk telur rebus, ayam goreng, peyek kacang hitam, dan kluban jadi salah satu menu favorit di sini.

Getuk Goreng Sokaraja di Jl. Jend. Sudirman, Purwokerto, juga wajib disinggahi. Getuk goreng tentu jadi primadona yang kelezatannya mesti dicicip di sini. Opsi lain, Anda juga bisa bertolak ke Kupat Tahu Mbah Djawi.

Irisan lontong dilengkapi sayur kol, tahu, bawang goreng, dan kuah nan gurih siap memanjakan lidah Anda. Tapi, kalau mau yang segar, Anda bisa pergi ke Soto Sutri. Soto sutri komplit mesti dicoba jika mampir ke sini.

Purworejo

Segar dawet ayu di Dawet Pos tak boleh terlewatkan ketika Anda tengah berada di Puworejo, Jawa Tengah. Ada dua macam dawet ayu yang dijual, yaitu dawet ayu berbahan dasar tepung beras dan dawet ireng yang terbuat dari sagu. Seporsi dawet dengan tapai dijual Rp 7 ribu.

Sementara untuk makan berat, Anda bisa bertandang ke Sate dan Gulai Kambing Muda Pak Ahmad Keri Winong. Sudah buka sejak tahun 50-an, satu paket sajian kambing di sini dibanderol Rp 40 ribu dan Rp 35 ribu untuk gulai kambing.

Magelang

Sampai di Magelang, ada salah satu warung makan yang mesti disambangi, yakni Selera Pedas Sehati. Ragam sajian seperti soto gading sampai nila bakar yang disajikan bersama sambal petai, semua bisa dicicipi di sini.

 

Sumber : liputan6.com

View all comments

Write a comment

(Input Kode Di Samping Dengan Benar)