6 Jajanan Pasar Manis Khas Banyumas yang Bikin Ketagihan

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 15 Apr 2019, 09:18:46 WIB | dibaca : 108 pembacaKuliner

6 Jajanan Pasar Manis Khas Banyumas yang Bikin Ketagihan

Foto: Ilustrasi

Jakarta - Datang ke suatu daerah seperti ke Banyumas, rasanya tak lengkap kalau tidak mencoba atau mencicipi makanan khas setempat. Apalagi jajanan pasar tidak boleh dilupakan.

Selain murah meriah, Anda juga bisa berinteraksi dengan orang lokal. Bahkan bertanya bagaimana cara membuat jajanan pasar khas daerah tersebut.

Banyumas sebagai salah satu daerah yang banyak memiliki objek wisata, puna wisata kuliner yang menjadi salah satu daya tariknya. Berikut jajanan pasar manis khas Banyumas yang dirangkum oleh Liputan6.com yang bisa Anda coba saat mendatangi daerah kabupaten di Jawa Tengah tersebut.

Cimplung

Jajanan ini berbahan dasar singkong dan gula merah. Singkong dikupas lalu dipotong sesuai selera. Lalu, singkong di rebus bersama derasan pohon aren atau pohon kelapa yang menjadi cikal bakal gula merah. Tekstur gula yang lengket menyerap dalam singkong. Rasa legit dari jajanan yang satu ini dijamin bikin ketagihan.

Cenil

Warna-warni dari jajanan yang satu ini menarik siapa pun yang melihatnya. Terbuat dari adonan tepung kanji yang dicampur dengan air panas dan pewarna makanan.

Bentuk cenil yang bulat kecil dan kenyal dipadu dengan taburan kelapa parut serta gula pasir, jadi salah satu kuliner Banyumas yang sangat dikenal.

Candil

Mirip dengan cenil, candil tidak diberikan pewarna makanan. Bedanya lagi, candil dimasak dengan santan dan gula merah yang membuatnya manis. Tak lupa potongan kelapa muda menambah variasi tekstur dan rasa dari candil. Kenyal, manis, dan gurih.

Grontol

Jajanan yang satu ini memiliki bahan dasar jagung dan kelapa muda. Jagung dipipil, lalu direbus. Setelah itu, dicampur dengan parutan kelapa muda. Taburan sedikit garam dan gula menambah kelezatan jajanan ini.

Ciwel

Jajanan khas Banyumas ini tergolong unik dalam pembuatannya. Terbuat dari tepung singkong yang direndam dalam cairan rendaman jerami padi yang dibakar sehingga berwarna hitam. Disajikan di atas daun pisang dengan kelapa parut dan gula merah cair.

Lupis

Mirip dengan ciwel, bedanya lupis terbuat dari beras ketan. Cara makannya pun sama, dibungkus dengan daun pisang.

Lupis diberi taburan kepala parut serta gula merah. Bila sudah makan lupis, pasti akan beli lagi bila berkunjung lagi ke Banyumas.  

 

Sumber : liputan6.com

View all comments

Write a comment

(Input Kode Di Samping Dengan Benar)